1 Maret 2008 nanti saatnya habis kontrak untuk asuransi pendidikan yang diambil oleh orangtua saya. 15 tahun yang lalu orangtua saya memutuskan untuk menginvestasikan uang mereka dengan harapan pendidikan yang lebih baik untuk adik saya yang saat itu berumur 3 tahun. Selama beberapa tahun hingga April 2007, sama sekali tidak ada masalah dengan pembayaran, penagihan, maupun kewajiban dan hak yang lain. Kalaupun ada masalah,itupun dapat langsung diatasi, misalnya adanya pergantian petugas yang menagih pembayaran premi yang setiap bulan datang ke rumah atau kami sekeluarga pindah alamat rumah sehingga kami harus melapor atau mereka yang menanyakan alamat kami by phone.
Masalah tersebut pun paling lama hanya sekitar 2 bulan langsung dapat teratasi. Tetapi kali ini saya dan orangtua saya merasa bahwa Asuransi ini sepertinya sudah tidak kompeten lagi. Ini berawal saat kami sekeluarga pindah alamat pada April 2007, sehingga petugas asuransi yang biasanya menagih uang premi setiap dua atau tiga bulan sekali belum datang juga. Padahal kami sudah menitipkan alamat rumah yang baru ke tetangga dekat rumah yang lama. Petugas tersebut pun sudah mempunyai nomor telepon orangtua saya, jadi jika ada hal yang perlu ditanyakan bisa langsung menghubungi orangtua saya.
Setelah tiga bulan kepindahan kami ke alamat yang baru pun belum ada tanda-tanda petugas asuransi datang untuk menagih. Agustus 2007 akhirnya kami inisiatif memutuskan untuk menelepon petugas yang dulu biasa datang untuk menagih. Ketika kami telepon ke nomor ponsel petugas tersebut, malah nomor tersebut tidak aktif. Percobaan untuk menelepon kembali ke nomor tersebut pun kami lakukan setiap hari, sampai 1 minggu akhirnya kami putuskan untuk tidak menelepon kembali karena sepertinya nomor tersebut sudah tidak digunakan lagi oleh petugas tersebut.
Kami mencari jalan lain dengan mencari alamat kantor pusat Asuransi Jaminan 1962. September 2007 kami mendapatkan alamat kantor pusat asuransi tersebut melalui kwitansi tanda terima pembayaran premi. Tertulis bahwa alamat kantor pusat berada di Menara Era, daerah Senen Jakarta Pusat. Kami berusaha menelepon ke nomor telepon yang tertera bersama dengan alamat yang kami dapatkan. Tapi setiap kali kami menelepon, selalu sibuk bahkan pernah ada jawaban
“Nomor yang Anda hubungi belum terpasang”
Nah lho, saya pun heran saat orangtua saya cerita seperti itu. November 2007 saya putuskan mencari alamat beserta nomor telepon Asuransi Jaminan 1962 melalui website Yellow Pages. Alamat yang saya dapatkan pun sama dengan alamat yang tertera di kwitansi tanda terima pembayaran, hanya saja nomor teleponnya lebih banyak yang tertera di Yellow Pages. Orangtua saya pun sering mencoba untuk menelepon ke nomor tersebut dengan harapan ada jawaban dari perusahaan Asuransi itu. Tetapi nomor-nomor tersebut pun sepertinya sudah tidak terpasang lagi.
Januari 2008 saya dan orangtua saya survey untuk mencari alamat asuransi tersebut di menara era. Tidak terlalu sulit untuk mencari gedung perkantoran tersebut karena lokasinya yang dekat dengan daerah Segitiga Emas Senen. Tetapi hari itu saya dan orangtua saya hanya mencari lokasi tepatnya gedung tersebut tanpa masuk ke dalam karena kondisi yang tidak memungkinkan. Kami putuskan untuk datang ke gedung tersebut lain kali.
Saya dan orangtua saya kembali datang pada Februari 2008 untuk mendatangi kantor asuransi tersebut di Menara Era. Ketika kami sampai di sana ternyata satpam menyebutkan bahwa Asuransi Jaminan 1962 telah pindah sejak sebelum lebaran tahun 2007 tepatnya September 2007 ke alamat yang baru di Gedung Nindya Karya daerah Cawang Jakarta Timur. Kami pun diberi nomor telepon asuransi tersebut.
Senin 18 November 2008 orangtua saya akhirnya menelepon terlebih dahulu ke kantor yang baru tersebut. Alhamdulillah ada jawaban dari pihak asuransi tersebut. Mereka menyebutkan bahwa akan ada petugas asuransi yang datang untuk mengurus tagihan premi yang belum terbayar dan mengurus habis kontrak.
Yang saya sayangkan mengapa:
1. Tidak ada usaha dari Asuransi Jaminan 1962 untuk menghubungi nasabahnya karena pindah alamat.
2. Tidak ada pemberitahuan kepada nasabah bahwa Asuransi Jaminan 1962 telah pindah alamat.
3. Tidak ada permintaan maaf mengenai tidak datangnya petugas selama hampir 1 tahun.
Mungkin orangtua saya termasuk nasabah yang loyal, sampai orangtua saya mencari-cari alamat kantor pusat dan lokasi dari Asuransi Jaminan 1962. Jadi pilihan terletak pada tangan Anda, pendapat ini tidak ada maksud untuk mendiskreditkan perusahaan manapun. Ini berupa kritik yang bersifat membangun.
30 komentar
Comments feed for this article
Maret 3, 2014 pada 7:09 pm
Cahaya Rizki
Kemana saya harus menghubungi PT Asuransi Jiwa Jaminan 1962 no polis saya 97110066-4 akan berakhir 14 Nop 2014, untuk meminta hak saya mohon menghubungi 085223099252
Oktober 7, 2013 pada 12:05 pm
winspeed
saya juga mengajukan klaim ke asuransi jaminan 1962 memang kurang bagus dan tidak serius untuk mengurus klaim nasabahnya dari tahun 1997 sampai sekarang ga ada penyelesaian sampai orang tua saya meninggal dunia. Re asuransi di indonesia apakah benar – benar ada? kalau ada kenapa asuransi ini tidak diselesaikan klaimnya….!
September 11, 2012 pada 2:14 pm
Sutarto
Kami orang tua dari Elok D K yang mana sejak Th. 1997 mengikuti Program Asuransi Pendidikan 1962 untuk Pendidikan Anak saya sejak umur 3 tahun bertujuan untuk meringankan beban kami setelah anak masuk jenjang perkuliahan. Tetapi sekarang anak saya sudah masuk di UNDIP Semarang Th. 2011, Boro-boro uang simapanan jaminan pendidikan keluar setiap diatanyakan ke nomer Telphone 081806158636 atau 021 8001758 masih di MA belum ada putusan yang pasti tapi gak selesai-selesai mau diurus kemana lagi uang tabungan kami untuk pendidikan selama 11 tahun ?????
Maret 6, 2012 pada 1:28 pm
matsoleh
saya sampai jual sapi dulu waktu masuk ASU ransi 1962 bayar premi tunggal lagi ! ternyata buntutnya bermasalah , gimana cari kepalanya ? buntutnya aja bermasalah . tolong deh yang tau caranya kasih taun dong , atau kita sewa gengser aja kalau tak ada tindakan dari pihak terkait , setuju nggak???/
Januari 20, 2011 pada 9:05 am
Dani
orang tua saya juga menjadi salah satu nasabah di asuransi & ini merupakan periode ke-2. Sebelumnya orang tua saya sdh menjadi nasabah & sdh jatuh tempo di 2001..melihat kondisi spt ini tentu saja orang tua saya percaya utk kembali berinvestasi pada asuransi ini utk jangka waktu 10 thn.. Pd bulan september 2008, tdk ada petugas yg datang spt tahun2 sebelumnya sehingga orang tua saya menghubungi kantor pusat utk kejelasannya..& oleh pihak pusat diinformasikan bahwa akan ada petugas yg datang..selang beberapa hari memang ada petugas yg datang dgn membawa kwitansi sementara. Tp ditahun 2009 tdk ada lg petugas yg datang bahkan ketika cb dihubungi no telpon pusat tdk pernah ada jawaban..kantor yg ada di cabang Yk pun sdh tak tahu rimbanya…Kalo memang ijin asuransi ini sdh dicabut mengapa tdk ada pemberitahuan kpd nasabahnya & jelas2 ini amat sangat merugikan nasabah yg sdh berinvestasi krn nilainya tdklah sedikit. Jika memang nasabah lain jg merasakan spt apa yg dialami orang tua saya..saya jg bersedia bergabung utk menuntut kejelasan klaim asuransi ini
Dani (02747029740)
September 22, 2010 pada 8:43 am
I Ketut Santika
Saya juga salah satu nasabah Asuransi Jaminan 1962 Cabang Bali, Kami juga padasaat ini menagjukan klaim pembayaran asuransi Pendidikan anak kami yang kami masukan sejak tahun 1995. ini pembayaran yang ketiga. saat ini kami sedang binggung juga mencarai alamat kanktor Asusransi Jamainan Jiwa 1962. Kantor pusat ditelpn tidk ada yang menjawab. Beginilah nasib Kami sebagai rakyat yang tidak terlindungi oleh Pemerintahnya. Kami kira asusransi ini sduah Bangkrut atau mager tanpa menyurati nasabahnya. Mohon komplain ini juag disebarluaskan. agar pemerintah ambil tindakan terhadapa asurasi Jamainan 1962 yang Kriminal.
Oktober 24, 2013 pada 12:51 pm
Ellen
Pak,apa bpk sdh bisa urus klaim asuransi 1962?saya juga butuh info,tlg dibantu ya pak,saya juga beralamat dibali
September 4, 2010 pada 6:53 pm
gun
saya kuga salah satu nasabah Asuransi Jaminan 1962 Cabang Solo, karena bapak saya kurang berpengalaman dan baru pertama kali ikut asuransi, begitu saja percaya dengan petugas. kami ikut program asuransi yg jangka 5th. dari th 2004 sampai dgn th 2009, seharus nya jatuh tempo th 2009 bulan oktober. tp sampai sekarang th 2010 bulan september belum ada informasi, tidak satu pun petugas asuransi datang kerumah, nomer telpon rumah juga sudah kami beritahu, tp tidak ada satupun karyawan dari Asuransi tsb yg menghubungi kami. sekarang alamat kantor nya pun yg ada disolo tidak jelas,,, kami tidak tahu menyelesaikan masalah ini kemana?
trimakasih…..
*sri guntoro (085642754427)
Mei 13, 2010 pada 8:25 am
arief
Saya juga salah satu nasabah Asuransi Jaminan 1962 Cabang Jogja, Th 2008 Kantor Cabang jogja masih di Jl. Gambiran Umbul Harjo dan saya masih bisa ketemu Pimp Cabang yang cuma bisa mengeluh n pasrah n tidak bisa kasih solusi atas permasalahan uang yang menjadi hak saya. Tapi sekarang kantor sudah tutup dan saya tidak tahu lagi kemana saya harus mengurus klaim Asuransi Pendidikan anak saya. Mohon info kalau ada yang tahu n saya siap bergabung untuk menuntut kepada Pemerintah/ Menkeu atas pailitnya Asuransi Jaminan ini.
Trims n salam senasib …
Arief ( 08122963808 ).