Rekaman pembicaraan melalui telepon dengan Gusman (teman di kantor lama) mengenai interview HR dan proses rekrutmen di Telkomsel:

Gusman: “Git, gw dapet undangan buat dateng ke Telkomsel nih, kayana sih buat interview HR coz yang ngundang orang HR gitu“.

Saya: “Emang loe gak dikasih tahu buat apa diundang ke Telkomsel?”

Gusman: “Kalo dari email sih, buat interview sama HR, emang ditanyain apa aja sih?”

Saya: “Yang pasti sih, loe bakal ditanyain soal pribadi loe, jenis pekerjaan yang loe mau, n salary

Gusman: “Abis itu (interview HR), masih panjang gak prosesnya?”

Saya: “Abis interview HR, loe bakal ketemu sama user

Gusman: “Emang berapa kali sama user nya? Masih panjang juga ya prosesnya?

Saya: “Ada yang cuma sekali, ada juga yang dua kali kaya temen gw tuh, loe juga interview sam user bisa satu, dua ato malah tiga orang

Gusman: “Abis itu apalagi Git prosesnya?

Saya: “Abis ketemu user, loe langsung medical check, cepet kan?”

Gusman: “Lumayan sih, gw juga diminta bawa Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia, emang pasti ya ditempatin di seluruh Indonesia?

Saya: “Klo penempatan, gw kurang tahu pasti, tapi dari cerita temen-temen gw, ada yang ditempatin di Medan, Batam, Probolinggo, tapi ada juga yang ditempatin di Head Office

Saya: “Loe g usah mikirin ditempatin dimana, loe lulus dulu aja baru mikirin soal penempatan

Gusman: “Okeh deh Git, tengkyu yak for infonya

Saya: “Okeh, sama-sama

Proses rekrutmen di Telkomsel (berdasarkan pengalaman saya) memang selama 5 bulanan, tapi tidak menutup kemungkinan untuk lebih cepat atau malah jauh lebih lama. Mungkin saja ada faktor-faktor internal yang kita tidak ketahui. Proses rekrutmennya bisa dijelaskan seperti ini (lagi-lagi berdasarkan pengalaman saya):

1. Tes Awal

Tahap awal pemanggilan untuk datang ke kantor Experd yang ada di Plaza 3 Pondok Indah. Di Experd akan menjalani tes tulis seperti psikotes, pengetahuan umum, kemudian langsung dilanjutkan untuk interview dengan pihak Experd. Biasanya dimulai dari jam 8 pagi dan selesai sore hari antara jam 3 sampai jam 5 sore.

2. Interview HR

Selanjutnya jika lulus tes awal akan diundang untuk datang ke kantor pusat yang ada di Wisma Mulia, Jln Gatot Subroto Kav.42. Biasanya di lantai 17, yaitu lokasi Human Resource. Undangan biasanya dikirim by email. Nantinya diminta untuk membuat Surat Pernyataan Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja Telkomsel di Indonesia.

3. Interview User

Setelah dengan HR, akan bertemu dengan user. Pengalaman saya bertemu user hanya satu kali, tapi dengan dua orang. Tetapi ada beberapa teman saya yang bertemu dengan user sampai dua kali. Yang ditanyakan nantinya lebih ke pekerjaan, misalnya jika background kita adalah IT, maka yang akan ditanyakan soal IT. Jadi siap-siap saja untuk menyiapkan jawaban-jawaban yang logis dan menjual.

4. Medical Check

Pemeriksaan kesehatan yang selanjutnya akan dilakukan jika lulus pada interview user. Proses ini dilakukan di laboratorium umum. Jadi jika Anda pernah berbuat yang tidak baik, sebaiknya hentikan mulai dari sekarang, hehehehe.

5. Agreement

Proses terakhir adalah agreement dengan pihak Telkomsel. Jika sudah sampai pada tahap ini, berarti Anda patut berbahagia karena sudah lulus tes rekrutmen Telkomsel. Tahap ini akan menyatakan soal salary yang didapat, penempatan (divisi dan lokasi) dan yang lain yang berhubungan dengan proses selanjutnya. Jika setuju dengan yang ditawarkan oleh Telkomsel, maka akan menandatangani Surat perjanjian untuk melakukan proses probation selama 3 bulan. Jadi selama 3 bulan memasuki proses percobaan, jika lulus akan langsung menjadi karyawan tetap Telkomsel. Jika tidak lulus, akan langsung Drop Out.

Mungkin itu saja singkatnya proses rekrutmen karyawan Telkomsel yang saya alami, silahkan jika ada yang ingin menambahkan.

Baca juga: