Sedikit aneh memang dengan kalimat “Selamat Hari Lahir”, tapi setidaknya menurut saya kalimat itulah yang sesuai. Happy Birthday jika digubah ke bahasa Ibu kita, bahasa Indonesia berarti Selamat Hari Lahir, tapi masyarakat pada umumnya menggunakan istilah Selamat Ulang Tahun. Saya mencoba mencari perbedaan penggunaan antara dua kalimat tersebut, seperti biasa mengandalkan si mbah. Untuk kalimat Selamat Ulang Tahun, yang menggunakan adalah orang Indonesia, hal ini terlihat dari hasil pencarian yang saya lakukan. Sedangkan untuk kalimat Selamat Hari Lahir, terpampang penggunanya adalah orang Melayu terlihat dari bahasa yang digunakan oleh mereka.

Meskipun keduanya secara kalimat berbeda namun maksud dan tujuannya sama (ce ileee, maksud dan tujuan). Untuk memberi selamat, bersyukur atas karunia Allah SWT, apa yang ingin diperbaiki dalam tahun-tahun ke depan dan apa yang ingin ditingkatkan dalam kehidupan yang masih berlanjut ini.

Maret ini, orang-orang terdekatku akan bertambah umur dan sekaligus berkurang umur setahun di dunia ini. Wajib bersyukur dan harus semakin mendekatkan diri pada Allah SWT, karena Dia lah kita masih diijinkan untuk tetap tinggal di dunia ini.

Ayah, Selamat Hari Lahir dan Selamat Ulang Tahun, semoga 3 Maret ini menjadi hari yang paling berbahagia bersama keluarga. Semoga dirimu terus menjadi imam bagi keluarga kita sehingga mampu menghadapi semua tantangan dan terus bersyukur pada Allah SWT. Amin…

23:59:59:59:59:59 3 Maret