Setelah beberapa lama tidak bongkar pasang dan bersih-bersih komputer desktop, saya memberanikan diri untuk bersih-bersih laptop yang saya punya. Terakhir kali saya bedah isi komputer desktop, saat masih berada di kantor lama. Hal itu karena di kantor lama tidak ada tenaga khusus yang dipekerjakan untuk masalah instalasi hardware maupun software di komputer. Dan secara saya berada di divisi Research and Development (R&D), mungkin rekan-rekan divisi IT sudah percaya dan yakin bahwa kami di R&D mampu mandiri.

Berhubung hari ini tidak ada jadwal untuk jalan-jalan keliling Jakarta seperti minggu-minggu biasanya ataupun maen-maen ke Jogja, dan melihat kondisi laptop yang sudah mulai lambat, saya coba bongkar laptop yang telah menemani saya selama lebih kurang 2 tahun ini. Laptop ini saya beli pada akhir tahun 2006 lalu, setelah saya memutuskan untuk mengambil mata kuliah Tugas Akhir jaman kuliah dulu.

Saat itu saya benar-benar yakin butuh laptop, setelah sebelumnya sering pinjam ke teman KKN (Kuliah Kerja Nyata) dan pinjam ke yang lain untuk keperluan KKN walaupun ada niat-niat lain, hehehe…Paling tidak laptop ini telah menemani saya dari yang baik-baik sampai yang kurang baik-baik. Kalau soal kurang baik pasti lah tahu, secara saya masih manusia normal dan tidak sombong. Untuk yang baik-baik, laptop ini telah memberikan saya inspirasi dan mempercepat kelulusan kuliah saya, walaupun tidak memungkiri masih ada yang memotivasi saya untuk cepat lulus dan akhirnya sampai menjadi seperti sekarang ini. Yup, sudah cukup flashback nya sekarang saatnya bongkar (dan semoga bisa) pasang bagian-bagian laptop.

Sebenernya niat saya awalnya ingin menambah memori dari yang awalnya (hanya) 256 MB menjadi lebih tinggi, karena ada teman kantor yang memberikan (secara cuma-cuma) memori laptopnya yang (katanya) sudah tidak dipakai lagi. Tapi laptop ini sudah musti dibersihkan, so sekalian saja dibongkar bagian-bagian yang lain.

Awalnya saya buka sekrup-sekrup yang menutup bagian memori laptop jadi tampaknya seperti ini
Setelah itu, saya ambil memori yang ingin ditambahkan ke dalam laptop.

Dan kemudian memasangkannya ke tempat (slot) yang masih kosong. Nanti hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah.

Kalau yang ini, tampilan tempat dimana processor berada dan tempat kipas, terlihat debunya banyak, so musti dibersihin nih.

Lumayan setelah dibersihkan dan ditambahkan memori menjadi 512 MB, kinerja laptop meningkat. Tapi berapa peningkatannya belum diukur, hanya terlihat dari kecepatan akses tiap folder terasa meningkat dibanding sebelumnya.

Jadi saya sarankan sering-sering bersihkan laptop, jangan takut akan gelap….loh….maksudnya jangan takut untuk buka-buka laptop.