Seharian sama sekali gak bisa koneksi ke luar negeri, paling banter cuma detik dot kom dan situs-situs dalam negeri lainnya. Hari ini memang saya mengalami sendiri koneksi di kantor putus, seperti telah diberitakan oleh detik dot kom. Seharian bekerja tanpa ada bantuan data-data ataupun sumber-sumber inspirasi yang harus diakses ke luar negeri. Ternyata sudah dari kemarin koneksi internet Telkomsel putus dan isu di kantor bahwa koneksi ini belum bisa distabilkan hingga besok 25 Maret 2008.

Selain dari detik dot kom, saya mendapat kabar bahwa koneksi tersebut putus dikarenakan adanya gangguan pada sambungan internasional backbone Telkomsel. Pun belum ada kejelasan kapan bisa distabilkan kembali. Dengan adanya kejadian ini bisa dipastikan banyak pelanggan yang komplain terutama pelanggan Telkomsel Flash.

Saya menulis kejadian ini tanpa koneksi internet Telkomsel tapi dengan koneksi ISP yang lain, karena saya juga berlangganan koneksi internet di rumah untuk jaga-jaga jikalau ada kejadian putus sambungan terjadi seperti sekarang ini.

Selain kerugian material, kerugian imaterial juga diderita Telkomsel. Hal ini bisa dilihat dari pelanggan yang komplain sehingga (mungkin) bisa menurunkan image Telkomsel sendiri. Meskipun begitu image Telkomsel pun bisa dibangun kembali dengan penanganan komplain yang ditanggapi dengan baik oleh para frontliner. Pun tidak hanya frontliner, para engineer network juga patut diberikan “pekerjaan lebih” karena hal ini menyangkut sambungan jaringan yang memang sudah menjadi tugas mereka.

Ditunggu stabilnya kembali Telkomsel.