Setelah sekian lama akhirnya saya membuat juga tulisan mengenai review untuk koneksi unlimited wireless dari Centrin Online. Koneksi ini adalah hasil kerja sama antara pihak Centrin dengan XL. Pihak XL sebagai penyedia sarana jaringan network. Sehingga dimana pun kita berada asalkan terdapat sinyal XL, kta dapat melakukan sambungan internet menggunakan modem ataupun hp yang mempunyai fasilitas modem.

Modem yang digunakan pun bisa bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk USB atau PCMCIA. Mengenai harga dan spesifikasi jenis-jenis modem tersebut, bisa dilihat di sini. Selain modem, kita juga bisa menggunakan hp yang sudah mempunyai fasilitas modem. Salah satunya Nokia N70 ataupun model hp yang lain, asalkan ada fasilitas modem. Untuk mengetahui ada tidaknya fasilitas modem pada hp tertentu, bisa kita lihat pada spesifikasi hp tersebut. Atau bisa dilihat pada website vendor hp ataupun ditanyakan pada penjual hp tersebut.

Saat ini saya menggunakan hp Nokia N70 sebagai modem, bukan karena harganya yang murah tapi lebih kepada bentuk fisik yang sederhana. Meskipun begitu, Nokia N70 adalah hp yang paling murah di kalangan Nokia N Series.

Setelah membeli Nokia N70 sebagai modem, saya langsung registrasi ke kantor Centrin yang berada di Menara Jamsostek lantai 4. Saat itu saya memilih Centrin selain karena kantor representative-nya yang bersebelahan gedung dengan tempat saya bekerja sehingga mudah dalam service after sales-nya, dan juga harga yang ditawarkan termasuk murah dibandingkan ISP (Internet Service Provider) lainnya. Saat saya mendaftar, sedang ada program promosi potongan harga sebesar 20 persen untuk dua bulan pertama berlangganan. Sehingga biaya berlangganan yang tadinya sejumlah 345000 IDR menjadi 276000 IDR, itu belum termasuk PPn loh. Ditambah lagi biaya pendaftaran sebesar 50000 IDR. Sehingga total biaya awal yang harus dikeluarkan sebesar 276000 IDR + 50000 IDR = 326000 IDR (belum termasuk ppn 10 persen). Ditambah PPn 10 persen, menjadi 358000 IDR. Termasuk harga yang cukup mahal untuk mendapatkan sambungan internet. Tapi bulan depan saya hanya membayar 276000 IDR + PPn 10 persen, sehingga menjadi 303000 IDR.

Bulan pertama, saya rasakan koneksi ini cukup membantu saya yang sudah addict dengan yang namanya internet. Selain itu, sambungan internet ini juga membantu keluarga saya, termasuk kedua adik saya untuk mencari tugas sekolah dan kuliah mereka. Orang tua saya pun cukup menikmati. Jadi dengan harga yang saya rasakan cukup mahal pada awalnya, setelah dilihat manfaatnya yang begitu luas, tidak terasa mahal lagi. Kecepatan koneksi pada beberapa hari pertama berlanggan dirasakan cukup mak nyuuss. Ini merupakan pengakuan adik saya yang sering menggunakan fasilitas ini. Pun tidak ada masalah sambungan putus sama sekali. Di akhir bulan pertama, saya membayar tagihan melalui transfer bank, setelah dua hari sebelumnya dikirimkan surat tagihan melalui pos yang diantarkan langsung ke rumah.

Sambungan internet mulai terasa lambat pada bulan kedua. Mungkin karena sambungan ini menggunakan koneksi jaringan XL sehingga harus berebut dengan sinyal hp pelanggan XL lain yang dekat dengan BTS (Base Transforamation System) yang sama. Jadi apabila ada 100 pelanggan XL yang berdekatan dengan BTS yang sama dengan saya, maka saya harus berebut sinyal dengan 100 pelanggan tersebut. Walhasil koneksinya mulai putus-putus, paling-paling hanya lancar untuk chat saja. Bahkan pernah ada kejadian koneksi sama sekali tidak dapat dilakukan, setelah saya konfirmasi ke pihak Centrin memang sedang ada gangguan. Meskipun begitu gangguan ini tidak lebih dari 6 jam.

Bulan ketiga dan bulan keempat, saya mencoba mencari provider lain yang menyediakan akses unlimited wireless yang sejenis dengan Centrin. Saat itu saya berpikir untuk mencari yang lebih murah, minimal mempunyai kualitas yang sama dengan Centrin. Saya menemukan Net Zap, tapi sayangnya provider ini masih tergantung pada kawasan coverage, lebih-lebih daerah tempat tinggal saya belum ter-coverage oleh layanan mereka. Hal ini saya ketahui setelah saya kirimkan email untuk mengetahui semua yang berhubungan dengan layanan mereka. Makin hari kualitas Centrin makin menurun, saya mencoba mengukur kualitas sambungan mereka menggunakan speedtest. Ini saya dapatkan dari rekomendasi Jati. Di bawah ini screenshootnya.

Internet Service Provider: Centrin
30 Maret 2008
Waktu: 22.30 WIB
Browser: Mozilla Firefox 2.0.0.13
Tester: http://www.speedtest.net

Internet Service Provider: Centrin
1 April 2008
Waktu: 05.00 WIB
Browser: Internet Explorer 6.0
Tester: http://www.speedtest.net

Pada bulan ketiga dan keempat pun, tagihan kembali normal ke 345000 IDR. Sehingga apabila ditambah dengan PPn 10 %, tagihan per bulan menjadi 379500 IDR. Wadawww, mahal banget untuk mendapatkan sambungan internet dengan kecepatan seperti gambar di atas. Apalagi sambungan 3G XL untuk Centrin telah dihapuskan, setelah ada pemberitahuan dari pihak Centrin melalui surat yang bersamaan dengan datangnya surat tagihan.

Sekarang saya menggunakan layanan provider lain yang lebih murah. Layanan ini hampir sama dengan Centrin, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini. Jadi bisa diputuskan sendiri seperti apa kualitas Centrin.

Kekurangan:

  • Harga termasuk mahal karena tidak sesuai dengan kualitas sambungan.
  • Sambungan tidak lancar.

Kelebihan:

  • Service after sales memadai.
  • Potongan harga untuk dua bulan pertama berlangganan.

Baca juga: