Sudah lama saya tidak pernah mencicipi kerak telor lagi. Baru saat itu di Jakarta Food and Fashion Festival yang berlokasi di La Piazza, saya makan kerak telor. Yup, event ini sudah sejak dari tanggal 14 Mei 2008 dan akan berakhir pada tanggal 25 Mei 2008. Mudah-mudahan info ini bermanfaat, karena di event ini banyak sekali pertunjukan-pertunjukan yang bertajuk Tempo Doeloe. Mulai dari makanan, permainan dan pertunjukan.

20 Mei 2008 kemarin saya datang ke La Piazza, Kelapa Gading Jakarta Utara. Awalnya cuma ingin sekedar jalan-jalan, tapi melintas di kawasan La Piazza saya melihat keramaian yang sangat. Saya bertanya, ada apakah ini??? Memang sebelumnya saya membaca flyer yang berisikan event Jakarta Fashion and Food Festival tapi di flyer itu tidak terkesan menarik karena acara-acara yang diadakan sepertinya biasa saja. Tapi ketika saya menuju lokasi, fiuuhhh banyak sekali yang datang. Mungkin karena pengaruh long weekend jadi banyak sekali massa yang tersedot ke event tersebut.

Banyak makanan yang ditawarkan mulai dari kerak telor, soto betawi, es cendol ijo, martabak medan, cakwe, toge goreng dan banyak lagi. Pengunjung tidak bisa membeli dengan uang rupiah yang biasa kita gunakan di keseharian. Namun pengunjung harus menukarkannya dengan pecahan uang temp doeloe yang terdiri dari pecahan Rp 1, Rp 5, Rp 10, Rp 20. Harga makanan pun disesuaikan dengan pecahan uang tersebut, misal harga kerak telor untuk telor bebek adalah Rp 8. Pecahan uang tempo doeloe itu bisa disetarakan sebagai berikut

Rp 1 = Rp 1000

Rp 5 = Rp 5000

Rp 10 = Rp 10000

Rp 20 – Rp 20000

Jadi harga kerak telor yang seharga Rp 8 senilai dengan Rp 8000, lumayan dengan rasa yang cukup nikmat. Selain kerak telor yang antriannya panjang ada juga martabak medan yang harus antri sepanjang 5 meter. Kalau martabak medan seharga Rp 14 berarti senilai Rp 14000 itu belum sempat saya coba karena melihat antrian yang begitu panjang.

Selain makanan, di event ini juga ada beberapa pertunjukan lain seperti pertunjukan musik maupun pentas drama. Untuk lebih jelasnya mengenai event Jakarta Food and Fashion Festival bisa link ke sini.