Bank sebagai suatu penyedia jasa pelayanan keuangan mempunyai beberapa customer touch point untuk menunjang aktivitasnya. Customer touch point tersebut dibentuk sebagai penghubung antara nasabah bank dengan bank itu sendiri. Selain kantor pelayanan, dan ATM, di zaman sekarang ini sudah selayaknya jika sebuah bank memiliki customer touch point yang dapat diakses 24 jam, 7 hari seminggu. Selain waktu akses, customer touch point tersebut juga tidak terbatas oleh ruang, artinya di manapun nasabah berada, mereka mampu mengakses layanan yang diberikan oleh bank tersebut.

Adalah internet banking yang mampu memberikan kemampuan tersebut di atas, tentunya juga selain sms banking. Hal-hal yang diperlukan tentu saja seperangkat alat teknologi canggih dan knowledge dari nasabah itu sendiri. Tanpa dua hal tersebut, tidak mungkin layanan internet banking dapat berjalan. Dukungan teknologi dari sisi bank pun harus sering ditingkatkan untuk menengarai berbagai macam ancaman yang kian hari semakin tinggi,baik dari jumlah maupun teknologi jahat yang digunakan.


Saya termasuk yang belum begitu lama menggunakan fasilitas internet banking. Salah satu internet banking yang saya gunakan adalah internet banking milik bank niaga. Saya merasa sangat terbantu sekali oleh fasilitas yang diberikan bank niaga tersebut, karena pekerjaan saya yang lebih banyak di belakang meja dan selalu berhubungan dengan computer. Mulai dari cek saldo, cek mutasi rekening dan juga saya bisa menanyakan suatu hal melalui fasilitas ‘contact us’.

Browser yang sering saya gunakan untuk mengakses internet banking niaga adalah firefox, karena saya sudah begitu familiar terhadap browser ini. Memang, default internet browser yang ada di komputer saya adalah internet explorer (IE), tapi saya rasa IE sedikit lebih berat dibandingkan firefox.

Sekitar 3 minggu yang lalu saya mendapati sebuah kejadian yang bisa menjadi fraud untuk internet banking niaga. Di browser firefox ada fasilitas untuk menyimpan data username dan password untuk suatu website. Misalkan jika seorang user membuka email di firefox, biasanya ketika user menginput data username dan password maka akan diberikan notifikasi, apakah ingin menyimpan username dan password tersebut di firefox? Nahh, jika hal ini disetujui oleh user, maka username dan password untuk alamat email tersebut akan tersimpan di firefox.


Analoginya sama dengan internet banking niaga, ketika saya membuka internet banking niaga dan saya menginput userid dan password, firefox seketika itu juga memberikan notifikasi. Langsung saja saya setujui, karena saya berpikir jika di kemudian hari saya membuka lagi internet banking, saya gak perlu susah mengetik userid dan password. Bukan karena saya malas, tapi userid yang diberikan oleh Niaga termasuk yang sulit diingat. Userid yang diberikan deretan angka dan tidak ada sama sekali abjad yang digunakan.


Username dan password yang disimpan oleh firefox, bisa dilihat pada menu Tools > Option > Security > Saved Password. Di window tersebut ada list site, username dan password. Nahh, jika ada orang iseng, bisa saja username dan password tersebut dicuri untuk kepentingan pribadi. Jika saya bandingkan dengan internet banking BNI (saya juga termasuk pengguna internet banking BNI), tidak ada notifikasi dari firefox ataupun penyimpanan username dan password untuk internet banking BNI.

Semoga saja hal ini menjadi perhatian bagi semua pihak pengguna internet banking, khususnya pengguna internet banking niaga.