Heroes season 3 episode 9 pada Senin 17 November 2008 ditayangkan di NBC, saya pun tidak ketinggalan setelah seminggu sebelumnya karena absent penayangannya berhubung di Unites States lagi heboh Barrack Obama. Saya tidak akan membahas sinposis film serial tersebut, tapi dalam episode tersebut disebut-sebut mengenai katalis. Kata ‘katalis’ sendiri mungkin sudah tidak asing di telinga kita baik bahasan secara umum ataupun ilmiah. Bagi yang belum tahu katalis itu apa, bisa melihat penjelasannya di wikipedia Indonesia atau yang berbahasa Inggris.

Dalam keseharian kita pasti ada kalanya mengalami kebosanan, kegiatan yang jika dipikir-pikir kok seperti rutinitas saja ya. Berangkat pagi pulang sore atau malam bahkan pagi, biasanya kalau sudah merasa seperti ini, otak pasti berkoar-koar “Kok gini-gini aja ya”, “Gak ada tantangannya”. Kalau sudah merasa seperti ini, carilah sebuah, segumpal atau seseorang yang bisa menjadi katalis. Katalis bukan motivator tapi lebih sebagai suatu hal yang membuat reaksi atau proses menjadi lebih cepat, lebih reaktif yang nantinya berujung pada hasil akhir yang tidak membosankan, lebih greget.

Saya pun menulis kali ini memerlukan katalis, butuh sesuatu yang membuat saya bisa menulis lagi, meskipun katalis itu membuat badan saya kedinginan, gemeteran (bahasa Indo-nya apa ya ? ) hingga membuat gigi-gigi saya saling beradu.

Find your catalyst and make revolution !!!