Setiap bulannya seorang karyawan menerima gaji atas hasil kerjanya selama sebulan. Dalam setahun selain gaji ada penghasilan-penghasilan lain di luar gaji bulanan yang diterima. Misalnya saja tunjangan hari raya ataupun bonus-bonus lain, sehingga dalam satu tahun bisa menerima tidak kurang dari 12 kali gaji. Tapi pernahkah kita melakukan benchmark terhadap pekerjaan sejenis di perusahaan lain atau mencoba survey kecil-kecilan antar teman ? Tapi tentunya hal ini tidak mudah karena biasanya agak sungkan untuk menanyakan hal sensitif seperti ini apalagi mengenai duit.
Gak usah repot-repot, karena sudah ada yang melakukan survey penghasilan per tahun. ZDNet Asia yang telah melakukan survey tersebut melalui newsletter dan pop-up ads. Survey ini dilakukan terhadap para pekerja IT di Indonesia pada akhir tahun 2007 hingga akhir tahun 2008. Ternyata bekerja di konsultan IT secara rata-rata mendapatkan penghasilan per tahun lebih banyak dibandingkan bekerja selain di konsultan.

Di survey ini juga didapati hubungan antara fungsi pekerjaan (IT Management, Project Management, etc) dan tingkat pendidikan (High School, Diploma, Bachelor, Master dan PhD). Untuk hasil lengkapnya bias di-unduh di sini.

So, If you compared with the survey result, Are You Paid Enough ?