Betul-betul butterfly effect, suatu tindakan dimana akibatnya bisa menjalar kemana mana. Tidak hanya staf atau bawahan saja yang mengalami dampaknya, tetapi para atasan pun mengalami dampak reorganisasi. Meskipun untuk mendapatkan suatu posisi diperlukan menunjukkan kemampuan individu tetapi tidak dipungkiri peran lobi-melobi sangat penting.

Ketika para atasan mendapatkan posisi yang baru di suatu divisi yang baru, maka atasan tersebut pun membutuhkan anak buah di divisi baru tersebut. Dapat dengan membawa anak buah dari divisi yang lama ataupun mengambil dari divisi yang lain. Nah, di sinilah waktunya bawahan untuk lobi-melobi atasan tersebut, karena suatu momentum yang tepat dimana kedua belah pihak bersimbiosis mutualisma.

Akan lebih baik lagi, jika mampu cepat membaca situasi. Bisa dengan mendengar isu-isu-tentu harus diuji kebenarannya- mengenai reorganisasi tersebut. Karena bawahan dapat dengan cepat mengambil gerakan gerilya sebelum palu diketok. Hal ini bisa mengalami sedikit kesulitan, jika terdapat staf yang levelnya sama namun secara senioritas berbeda (bisa dilihat dari kapan bergabung di perusahaan tersebut). Karena akan ada rasa ‘gak enak’ untuk mengambil posisi yang lebih tinggi. Namun jika melihat profesionalitas, hal ini hanya batu kerikil yang dapat dibuang jauh-jauh.

Ooopss…tunggu dulu, selain berdampak pada hierarki posisi, bersiap-siaplah untuk menyerah terimakan tugas sebelumnya. Pun itu jika nama divisi sebelumnya sama atau minimal mempunyai fungsi yang sama dengan divisi yang baru. Bakal lebih repot jika reorganisasi yang terjadi tidak ada ekivalensi antara divisi yang baru dengan divisi yang lama. Karena akan terjadi chaos pemindahan tugas, dan dampaknya akan menjalar ke yang lain. Misalkan saja di divisi yang dulu masalah X ditangani oleh si A, namun karena adanya reorganisasi sehingga membuat si A harus pindah divisi dan divisi A yang terdahulu sudah tidak ada lagi sehingga membuat penanganan masalah X terbengkalai.

Reorganisasi dilakukan dengan tujuan agar perusahaan menjadi lebih mampu berkompetisi sehingga mampu memenangkan persaingan.