Yet another web is build, setelah sebelumnya Indosat dengan Indosat Blackberry-nya dan XL dengan Nyambung Terus-nya. Tentu bukan tanpa alasan dua operator tersebut membuat web baru disamping web utama dari perusahaan operator penyedia telekomunikasi di Indonesia tersebut. Tujuan akhirnya pasti untuk meningkatkan revenue di tengah persaingan operator yang masih dan diyakini akan terus sengit pada tahun-tahun ke depan.

Kini operator yang meng-klaim telah mempunyai 75 juta pelanggan di Indonesia pun membuat another web beside the main web (www.telkomsel.com). Hadirnya portal web simPATI stories sepertinya berbeda dengan web dua pesaingnya –Indosat dan XL-. Indosat terlihat ingin meningkatkan market share nya di bisnis Blackberry, hal ini terlihat dari isi web http://www.indosatblackberry.com yang terkonsentrasi dengan promosi maupun games-games yang melibatkan kata kunci Blackberry. Lain halnya dengan XL yang mengusung http://www.nyambungterus.com – nya, meskipun belum tentu akan nyambung terus koneksi internet XL, tapi XL sepertinya ingin mengkonsentrasikan di bisnis jaringan internet wireless unlimited-nya.

Dua pesaing utama Telkomsel tersebut membuat diferensiasi web sehingga dapat berpromosi untuk bisnis baru-nya (Blackberry dan Wireless Broadband). Berbeda sekali dengan Telkomsel yang mengusung simPATI stories dimana isi web tersebut -saat tulisan ini dibuat- mengarah ke peningkatan penjualan NSP (Nada Sambung Pribadi) dan sms Premium (vote kelanjutan cerita). Berarti web ini bukan untuk menguatkan bisnis baru selain voice dan sms, karena NSP dan sms Premium dapat dikatakan produk yang telah lama ada, selain voice dan sms tentunya.


Web yang diusung pun muncul setelah iklan yang telah ada sebelumnya, iklan yang berkisah tentang dua orang yang awalnya tidak saling kenal hingga menjalin sebuah kedekatan. Tema yang berbeda dibanding iklan-iklan Telkomsel sebelumnya, kali ini iklan Telkomsel tidak blak-blakan untuk jualan namun dibungkus dengan pemanis yang diyakini cukup mampu untuk menarik minat konsumennya.

Pertanyaannya adalah, mengapa Telkomsel belum mengusung web baru untuk menjual IPhone yang notabene merupakan produk premium dan eksklusif. Pertanyaan ini cocok sekali dilontarkan karena web differentiation dapat memfokuskan promosi pada satu produk yang menjadi andalan sebagai kantong revenue baru.

all image material are taken from web screen shot result