Pengiriman tagihan pemakaian telepon paska bayar sepertinya memasuki babak baru. Dimana sebelumnya menggunakan metode pengiriman manual, saat ini sudah mulai digalakkan menggunakan metode pengiriman elektronik. Beberapa operator telekomunikasi, seperti Telkomsel, Indosat dan XL sudah menyediakan fasilitas melihat dan mengunduh tagihan pemakaian di web mereka masing-masing. Hal ini dapat menimbulkan efek positif seperti mengurangi pemakaian kertas dan meminimalisir keterlambatan pengiriman tagihan.

Selain mekanisme melihat di website, sebetulnya ada metode lain yang lebih praktis bagi si pengguna. Jika melihat di website, pengguna harus memiliki username dan password untuk mengakses tagihan pemakaian. Hal ini akan menambah repot si pengguna, karena harus menambah slot memori di otak untuk menghafal username dan password yang diberikan. Coba saja hitung, berapa username dan password yang harus kita hafalkan. Mulai dari email kantor, email umum, password komputer di kantor, PIN ATM Bank (mungkin bisa lebih dari satu bank) dan aplikasi lainnya.

Untuk mengurangi kerepotan pengguna, metode pengiriman by email sepertinya patut dicoba. Mulai Agustus 2009 ini, tagihan pemakaian telepon paska bayar saya mulai dikirimkan by email. Kebetulan telepon paska bayar yang saya gunakan adalah paska bayar korporat, jadi mungkin belum semua pelanggan menikmati sistem ini.

Billing by Mail tidak membuat saya waswas akan keterlambatan pengiriman tagihan maupun kesalahan alamat. Karena sistem ini mengurangi campur tangan manusia yang rentan dengan human error. Pun saya tidak harus menyisihkan tempat khusus untuk menyimpan kertas tagihan saya yang setumpuk itu. Saya hanya perlu membuat satu akun email dan memberikan alamat email saya ke operator telekomunikasi.

Lebih lebih saat ini penggunaan email akan bertambah dengan melihat penggunaan Blackberry di mana fungsi utamanya adalah untuk Push email. Jadi fungsi Blackberry tidak hanya untuk Facebook-an atau chatting.

Sedikit kutipan email dari provider telekomunikasi yang saya gunakan:

Kepada Yth,
Bp./Ibu. xxxxxxx

Sesuai permintaan Anda untuk berlangganan Billing by Mail, berikut kami kirimkan tagihan Anda. Ringkasan tagihan dan detail tagihan adalah dokumen terproteksi.
Untuk membukanya, gunakan aplikasi Acrobat Reader yang telah terpasang di komputer Anda, dan gunakan PIN Selfcare Anda untuk membuka dokumen tersebut.

Terima kasih.

Telkomsel.
Begitu Dekat Begitu Nyata

Selain itu saya juga mendapat attachment summary tagihan dan rincian percakapan yang berbentuk sama seperti pengiriman tagihan konvensional. Untuk membuka attachment tersebut harus menggunakan PIN, sehingga akan dapat terproteksi dari penggunaan oleh yang tidak berhak.

Jadi kapan kita ubah sistem pengiriman tagihan ke Billing by Mail ?