Perhatian: Tulisan ini bukan promosi dari produk apapun, namun lebih kepada pengalaman penulis. Segala data yang ditampilkan merupakan data yang relevan ketika penulis melakukan publish.

Selama ini jika saya ingin membeli barang secara online, maupun offline yang mengharuskan saya transfer nilai pembayaran, pada umumnya penjual barang minimal mempunyai nomor rekening BCA. Hal ini mau tidak mau membuat saya harus menambah koleksi rekening lagi.


Selain rekening, saya biasanya melakukan transaksi via internet banking, selain lebih praktis, bukti transaksinya dapat dicetak maupun kita simpan soft copy-nya. Selain itu kita hanya perlu laptop atau desktop PC dan koneksi internet yang sudah banyak ditawarkan operator seluler.

Seringkali saya melihat billboard BCA yang mempromosikan akses internet banking versi mobile. Selain billboard, di homepage KlikBCA juga terlihat sekali promosi tersebut. Alamat internet banking KlikBCA versi mobile ada di alamat: https://m.klikbca.com.

Seringkali saya mencoba akses ke alamat tersebut, namun tidak pernah berhasil. Setelah sekian lama tidak berhasil, akhirnya hari ini saya berhasil. Tentu saja dengan sedikit mengecek error message dan petunjuk error message tersebut.

Saya akses ke alamat tersebut menggunakan Blackberry Curve 8520 (Gemini) dengan OS versi 5.0.0.822. Menggunakan koneksi Blackberry dari Telkomsel dan tentu saja browser Blackberry. Semua setting-an Blackberry tidak diubah, baik dari setting Browser maupun menu Options.

Adapun karena alamat mobile internet banking KlikBCA menggunakan “https” sehingga mengharuskan saya mengubah sedikit setting Blackberry.

Cara mengubahnya sebagai berikut:
1. Buka menu Options
2. Buka menu Security Options
3. Buka menu Advanced Security Options
4. Buka menu TLS
5. Pastikan TLS Default: Handheld (default: Proxy)
6. Save hasil setting tersebut

Setelah mengubah setting tersebut, coba kembali akses alamat https://m.klikbca.com di browser Blackberry.